Pelayanan Antigen di Puskesmas di Magetan Mengacu pada Kepmenkes

6 Mei, 2022
Pelayanan Antigen di Puskesmas di Magetan Mengacu pada KepmenkesSobatKom, menanggapi adanya keluhan di media sosial terkait penolakan pengkhidmatan (pelayanan) antigen di salah satu puskesmas yang ada di Kabupaten Magetan, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan angkat bicara.Dalam pernyataannya Kadinkes Magetan mengatakan, pemeriksaan swab antigen di Puskesmas mengacu pada Keputusan Menkes RI Nomor HK.01.07/MENKES/4794/2021 tentang Perubahan Kedua atas Kepmenkes Nomor HK.01.07/MENKES/446/2021 tentang Penggunaan Rapid Diagnostic Test Antigen dalam pemeriksaan Corona Virus Disease (Covid-19).Pelayanan pemeriksaan Rapid Diagnostic Antigen (RDT-Ag) digunakan untuk :Pelacakan kontak, yaitu kontak kasus konfirmasi (kasus positif Covid-19).Penegakan diagnosis untuk pasien dengan gejala demam, batuk, pilek, sesak, untuk semua kasus Influenza Like Illness (ILI).Skrining dalam keadaan tertentu (kejadian yang dapat mengakibatkan meluasnya penularan virus Covid-19) secara masif. Untuk kegiatan ini petugas dari puskesamas akan melaksanakan skrining di tempat-tempat berkumpulnya banyak orang, yang berpotensi menjadi cluster penyebaran baru. Adapun tempat yang dimaksud di antaranya adalah pos pengamanan kesehatan, tempat wisata, pasar, sekolah, tempat kerja, dll. Kegiatan ini bekerjasama dengan lintas sektor terkait.Untuk saat ini, pelayanan yang disediakan oleh puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Magetan masih terfokus pada pelayanan yang sesuai dengan Kepmenkes.“Untuk saat ini kami masih fokus memberikan pelayanan sesuai Kepmenkes tersebut, selanjutnya mohon maaf untuk skrining keperluan yang lain semisal untuk persyaratan perjalanan,hingga saat ini belum bisa memenuhi ,untuk itu disarankan untuk melaksanakan secara mandiri,” tutur dr. Rohmat Hidayat, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magetan, Jum’at (06/05).Pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf atas pelayanan RDT-Ag di Puskesmas yang belum bisa terpenuhi semua sesuai harapan masyarakat. “Terima kasih atas semua saran demi perbaikan pelayanan di Puskesmas kita. Insyaa Allah bersama kritik, saran, masukan, kita akan senantiasa berbenah melakukan upaya perbaikan secara berkesinambungan,” tambahnya.(Diskominfo/pb.nin/dok.rism/fa2/IKP1)Share this:TwitterFacebook

Berita


Singgahi Sarangan, MOX Regional 2025 Usung Misi Kolaborasi Untuk Mengangkat Potensi Wilayah Mataraman

31 Mei, 2025

[Kominfo,Newsroom] – Ratusan pecinta offroad dari berbagai daerah ikuti event Mataraman Overland...

Wisuda Tahfidz Al-Qur’an Program Takhossus Angkatan ke-9 Baitul Qur’an Al-Jahra Magetan

31 Mei, 2025

[Kominfo,Newsroom] – Baitul Qur’an Al-Jahra Magetan gelar wisuda Tahfidz Al-Qur’an Program...

Perguruan Pencak Silat Cempaka Putih Gelar MunasTahun 2025 di Magetan

29 Mei, 2025

[Kominfo,Newsroom] – Olahraga pencak silat saat ini bukan hanya menjadi olah raga bela diri...

Gebyar Hardiknas 2025, Tumbuhkan Semangat Patriotisme dan Gotong Royong

28 Mei, 2025

[Kominfo,Newsroom] – Empat ribu empat ratus lebih peserta Gebyar Hari Pendidikan Nasional padati...

Selaraskan Visi Misi Dengan Program Prioritas Nasional dan Provinsi, Bupati dan Wakil Bupati Magetan Gelar Rapat Staf

28 Mei, 2025

Bupati Magetan Hj. Nanik Endang Rusminiarti, M.Pd. bersama Wakil Bupati Magetan Suyatni Priasmoro,...