Hak Pemohon Informasi

 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

  1. Pemohon Informasi berhak untuk meminta seluruh informasi yang berada di Badan Publik kecuali (a) informasi yang apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi dapat: Menghambat proses penegakan hukum; Menganggu kepentingan perlindungan hak atas kekayaan intelektual dan perlindungan dari persaingan usaha tidak sehat; Membahayakan pertahanan dan keamanan Negara; Mengungkap kekayaan alam Indonesia; Merugikan ketahanan ekonomi nasional; Merugikan kepentingan hubungan luar negeri; Mengungkap isi akta otentik yang bersifat pribadi dan kemauan terakhir ataupun wasiat seseorang; Mengungkap rahasia pribadi; Memorandum atau surat – surat antar Badan Publik atau intra Badan Publik yang menurut sifatnya dirahasiakan kecuali atas putusan Komisi Informasi atau Pengadilan; Informasi yang tidak boleh diungkapkan berdasarkan Undang-undang. (b) Badan Publik juga dapat tidak memberikan informasi yang belum dikuasai atau didokumentasikan.
  2. PASTIKAN ANDA MENDAPAT TANDA BUKTI PERMOHONAN INFORMASI BERUPA NOMOR PENDAFTARAN KE PETUGAS INFORMASI/PPID. Bila tanda bukti permohonan informasi tidak diberikan, tanyakan kepada petugas informasi alasannya, mungkin permintaan informasi anda kurang lengkap.
  3. Pemohon Informasi berhak mendapatkan pemberitahuan tertulis tentang diterima atau tidaknya permohonan informasi dalam jangka waktu 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan informasi oleh Badan Publik. Badan Publik dapat memperpanjang waktu untuk memberi jawaban tertulis 1 x 7 hari kerja, dalam hal: informasi yang diminta belum dikuasai / didokumentasikan / belum dapat diputuskan apakah informasi yang diminta termasuk informasi yang dikecualikan atau tidak.
  4. Biaya yang dikenakan bagi permintaan atas salinan informasi berdasarkan surat keputusan Pimpinan Badan Publik adalah (diisi sesuai dengan surat keputusan PimpinanBadanPublik).
  5. Apabila Pemohon Informasi tidak puas dengan keputusan Badan Publik (misal: menolak permintaan Anda atau memberikan hanya sebagian yang diminta), maka pemohon informasi dapat mengajukan keberatan kepada atasan PPID dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja sejak permohonan informasi ditolak/ditemukannya alasan keberatan lainnya. Atasan PPID wajib memberikan tanggapan tertulis atas keberatan yang diajukan Pemohon Informasi selambat-lambatnya 30 (tiga puluh)
    hari kerja sejak diterima/dicatatnya pengajuan keberatan dalam register keberatan.
  6. Apabila Pemohon Informasi tidak puas dengan keputusan Atasan PPID, maka pemohon informasi dapat mengajukan keberatan kepada Komisi Informasi dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja sejak diterimanya keputusan atasan PPID oleh Pemohon Informasi Publik

Berita


RAKOR HASIL EVALUASI PENYELENGGARAAN STATISTIK SEKTORAL (EPSS) TAHUN 2024

13 Januari, 2025

Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) merupakan proses penilaian sistematis untuk...

Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah Minggu Kedua Januari 2025

13 Januari, 2025

Plt Sekjen Kemendagri RI, Tomsi Tohir memimpin Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah secara...

Magetan Go Global, Bunda Pembalap Jatim Khofifah Dukung Penuh Dunia Balap Magetan

12 Januari, 2025

Sirkuit Magetan di Kecamatan Parang semakin memantapkan diri sebagai salah satu pusat pengembangan...

Minggu Pagi, Pj Bupati Magetan Nizhamul Kunjungi CFD Magetan

12 Januari, 2025

. Minggu pagi bagi kebanyakan orang adalah saatnya bermalas-malasan atau bersantai dirumah. Tapi...

Pj.Bupati Magetan, Tinjau Pembangunan Gedung Budaya Maospati

10 Januari, 2025

Pj. Bupati Magetan Nizhamul, S.E., M.M., hari ini sekitar pukul 10.00 WIB meninjau lokasi di...